Kamis, 28 Mei 2015

FUNGSI KOMPUTER


FUNGSI KOMPUTER
Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan  sederhana dan rumit. Satu unit komputer terdiri dari empat komponen dasar: input, prosesor, penyimpan data, dan output. Jadi fungsi utama computer saat ini adalah mempermudah pekerjaan dalam bidang administrasi dan sebagai alat pendukung dalam menjalankan internet (international network).
Komputer bekerja dengan aturan-aturan tertentu yang membutuhkan program sebagai perangkat lunaknya dan brainware sebagai pengendalinya (operatornya). Proses kerja komputer mengalami suatu siklus, yaitu input – proses – output secara berulang. Input yang diproses oleh komputer yang kemudian dikeluarkan menjadi suatu informasi.
Proses kerja komputer sebagai media komunikasi didukung oleh beberapa peralatan tambahan (periferal) yaitu : MODEM (Modulator-Demodulator). modem dipasang pada komputer, kemudian untuk dapat mengakses internet kita harus mendaftarkannya pada ISP (Internet Service Provider).ISP adalah penyedia jasa layanan akses internet, diantaranya : Indosatnet, telkomnet, Wasantaranet, dsb.

ELEMEN SISTEM KOMPUTER

HARDWARE
Yaitu peralatan komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Hardware merupakan  peralatan penting agar komputer dapat berfungsi.

SOFTWARE
Yaitu : Program yang berisi instruksi / perintah untuk melakukan pengolahan data. Merupakan satu set instruksi komputer yang digunakan untuk memanipulasi data.

BRAINWARE
Yaitu : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Secanggih apapun komputer tanpa brainware, komputer itu tidak akan berarti.

SOFTWARE DALAM KOMPUTER
Operating System (OS)
Adalah program untuk menjalankan komputer dari start awal, misal:
  • DOS
  • Windows
  • LINUX


Program Aplikasi
Adalah program untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu, misal:
Microsoft Word            : untuk mengolah kata
Microsoft Excel            : untuk mengolah data
Internet explorer          : untuk browsing, email, chating, dll 

0 komentar:

Posting Komentar

komen disini