Jumat, 22 Juni 2012

Pengaruh Media Terhadap Anak

Para psikolog menyakini bahwa kegiatan mendidik anak adalah sebuah seni yang membutuhkan kreativitas, energi, waktu, dan biaya. Sebagian besar energi itu digunakan untuk menyusun program dan mengatur waktu luang anak-anak. Akan tetapi, hasilnya tentu saja tidak selalu memuaskan, sebab kebanyakan orang tua tidak berhasil dalam menciptakan kondisi ideal untuk mengisi waktu luang putra-putri mereka. Mayoritas anak dan bahkan orang tua lebih memilih menonton televisi dan memainkan game ketimbang hiburan-hiburan lain. Padahal, dampak buruk yang diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan seperti ini terkadang tidak kurang dari kekerasan sosial.
 
Masa kanak-kanak di dunia modern dianggap sebagai sebuah kategori penting dan berpengaruh dalam berbagai bidang riset. Para pakar dan lembaga-lembaga di seluruh dunia berusaha menyelesaikan problema dunia anak dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hal itu. Menurut statistik, lebih dari dua juta anak tersebar di seluruh dunia dan setiap harinya hak-hak jutaan dari mereka dirampas. Di antara problema utama mereka adalah hilangnya kebutuhan-kebutuhan dasar seperti, asupan gizi yang cukup, air bersih, bantuan medis, pendidikan, dan pengasuhan.
 
Selama beberapa tahun terakhir, kebanyakan peneliti, pemikir, dan guru ilmu sosial menilai pendidikan anak di dunia modern sebagai salah satu hal yang menghadapi berbagai masalah dan hambatan. Kajian terhadap pelanggaran norma-norma sosial menunjukkan bahwa pendidikan di masa kanak-kanak memainkan peran penting dalam menciptakan penyimpangan sosial atau penyakit-penyakit psikis pada usia remaja dan pemuda. Dalam proses itu, dapat disinggung dampak media-media visual seperti, televisi, sinema, video, parabola, dan komputer dan sarana tersebut memiliki peran signifikan dalam pendidikan generasi masa depan.
 
Hampir semua anak sejak lahir duduk rapi di depan layar televisi dan suara televisi sudah menjadi bagian dari lingkungan mereka sepanjang sarana itu menyala. Namun, motivasi menonton televisi berubah seiring bertambahnya usia anak-anak. Dua pertiga anak secara sadar mengikuti acara televisi dan sekitar usia 2,5 tahun mereka menjadi pemirsa setia dan mengikuti berbagai program televisi.
 
Penelitian menunjukkan bahwa dominasi televisi pada 10 tahun pertama usia anak sangat menakjubkan dan 90 persen anak-anak pada usia 6 tahun, menonton televisi secara rutin. Oleh karena itu, televisi berperan lebih dari setiap media lain dalam mempersiapkan anak-anak untuk kehidupan sosial dan perilaku-perilaku individu. Media ini bahkan menjadi parameter pengambilan keputusan anak untuk memilih media-media lain dan di masa depan juga mempengaruhi proses kehidupannya secara langsung.
 
Peneliti ilmu komunikasi, Doktor Naser Bahonar percaya bahwa televisi sebagai pendidik yang tangguh dan kemungkinan berbahaya. Dia berpendapat kebanyakan pemirsa tidak sadar bahwa mereka sedang mengenyam sesuatu ketika memanfaatkan media. Berbagai informasi secara tidak sadar tertanam dalam memori pemirsa dan pesan-pesan acara televisi terserap tanpa disadari. Seraya memaparkan metode pemahaman anak-anak terhadap pesan-pesan acara televisi dan pengolahan informasi di memori mereka, Doktor Bahonar meyakini bahwa anak-anak tidak hanya membutuhkan liburan dan hiburan, namun mereka ingin mempelajari sesuatu.
 
Berdasarkan itu, Doktor Bahonar mengatakan bahwa tugas utama media adalah mempersiapkan pendidikan yang dapat membantu pertumbuhan kepribadian anak. Sebab, pendidikan adalah sebuah usaha matang untuk membentuk kepribadian. Dia melanjutkan bahwa media dapat menaruh perhatian pada masalah pendidikan anak dalam dimensi moral, mengajak mereka memperhatikan nilai-nilai agama dan spiritual, serta mengarahkan mereka dalam kesehatan fisik dan mental. Pendidikan anak dalam bidang-bidang tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan pemahaman dan kapasitas mereka, di samping memperkuat kemampuan penilaian anak.
 
Konsep "masa kanak-kanak" sebagai bagian dari proses evolusi individu dengan segala karakteristiknya, merupakan sesuatu yang baru dalam literatur Barat. Menurut penuturan Neil Postman, hingga empat tahun lalu, dalam sejarah dan budaya Barat, tidak ada kata yang mendefinisikan anak seperti sekarang ini. Pada dasarnya, kata anak sebagai sebuah fenomena yang dikaji di bidang kemasyarakatan dan ilmu psikologi, baru lahir pada abad ke-16. Tentu saja sebelum itu ada sebuah konsep umum, di mana kencenderungan dan hasrat anak tidak diperhatikan dan mereka hanya mengikuti kehendak dan keinginan orang tua.
 
Postman lebih lanjut menjelaskan bahwa ketidakpedulian terhadap struktur fisik dan mental anak hingga masa Renaissance telah menyebabkan orang dewasa mengajari anak-anak dengan hal-hal yang mereka anggap baik. Menurut pandangan ini, anak diajari untuk menjadi masyarakat masa depan dan masa kanak-kanak sendiri terlupakan begitu saja. Proses memperhatikan masa kanak-kanak berlanjut hingga abad ke-18 dan pada masa itu, perlahan mulai muncul pertanyaan-pertanyaan tentang anak, pertumbuhan manusia pada usia dini, dan karakteristik setiap jenjang usia serta pendidikan anak-anak.
 
 
Dalam mendidik anak, pendidikan dimensi rasionalitas kepribadian mereka memiliki banyak manfaat, sebab dimensi itu punya hubungan erat dengan seluruh eksistensi anak. Perlu diperhatikan bahwa kekuatan akal ibarat seorang raja yang memerintah kerajaannya dan dengan berbekal pendidikan yang benar, manusia akan sampai pada kesempurnaan. Oleh karena itu, para pemilik media perlu memiliki kepekaan untuk membangkitkan semangat berpikir dan rasionalitas dalam diri anak-anak. Kemampuan ini selain sebagai sebuah keahlian akal yang sangat bernilai, juga dapat menyelamatkan anak-anak dari bahaya-bahaya seperti, takhayul dan ilusi.
 
Pendidikan rasionalitas bagi anak-anak memiliki banyak hasil positif, seperti memperkuat insting rasa ingin tahu dan kecenderungan untuk menyingkap rahasia alam, di mana rasa itu akan hadir bersama mereka sepanjang usianya. Oleh sebab itu, jika kinerja sebuah media berlandaskan pada peningkatan kesadaran dan penguatannya, maka para penikmat media juga dapat mengenal konsep-konsep penting di sela-sela program media dan berpengaruh langsung bagi pendidikan mereka. Sebagai contoh, pendidikan konsep agama untuk anak-anak di media.
 
Keterbatasan berpikir dan kemampuan anak-anak untuk memahami argumentasi-argumentasi rumit membuat pendidikan langsung tidak efektif bagi mereka. Oleh karena itu, prioritas utama media adalah perlu menggunakan bahasa yang menarik dan contoh-contoh yang akrab dalam mengajari pendidikan agama kepada anak-anak. Format cerita dan tamsil sangat sesuai dan hingga usia akhir Sekolah Dasar dapat menjadi metode ideal untuk memberi pendidikan agama kepada anak-anak.
 
Anak-anak dapat mengenal Tuhan dan nikmat-nikmat serta bentuk kasih sayang-Nya. Turunnya salju dan hujan, mekarnya bunga-bunga, dan panorama alam, semua dapat menghidupkan sinyal pengingat Tuhan dalam memori anak-anak dan membuat mereka cinta kepada Sang Pencipta. Media dan program-programnya dapat menghadirkan gambaran ini dalam pikiran anak-anak, di mana Tuhan mencintai mereka dan menciptakan dunia yang indah untuk mereka. Oleh sebab itu, penegasan pada rahmat dan kasih sayang Tuhan merupakan prinsip utama dalam pendidikan agama untuk anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

komen disini